Dari Kota Apel ke The Big Apple

JUDUL                       : 9 Summers 10 Autums

PENGARANG              : Iwan Setyawan

PENERBIT                  : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

TAHUN                      : 2011

TEBAL BUKU              : 221 Halaman

Novel 9 Summer 10 Autums adalah sebuah novel karangan Iwan Setyawan,lahir di Batu   2 Desember 1974. Lulusan terbaik fakultas MIPA IPB 1997 jurusan Statistika.  Beliau adalah seorang anak sopir di Kota Batu yang merambah karier di New York City. Pernah bekerja selama tiga tahun di Jakarta sebagai data analisis di Nielsen dan Danareksa Research Institute, posisi terakhir beliau adalah Director, Internal Client Management di Nielsen Consumer Research, New York. Novel ini bercerita tentang perjalanan dan perjuangan hidup seorang anak sopir yang mempunyai ketekunan dan keyakinan untuk meraih cita-cita nya setinggi mungkin sampai apa yang ia harapakan terwujud.

            Iwan adalah seorang anak sopir di Kota Batu yang mempunyai keinginan yang kuat untuk menjadi sukses di kemudian hari. Pemuda lima bersaudara ini adalah satu-satu nya anak lelaki di Keluarga Bapak Abdul Hasim dan Ibu Ngatinah. Beliau sering meluangkan waktunya di rumah, membantu ibu memasak, bermain di ruang tamu bersama kakak-  adiknya atau memperhatikan kakak nya bermain dengan “bukunya”. Dari hal kecil seperti itu lah timbul niat untuk belajar dan bersekolah setinggi mungkin agar bisa membantu ekonomi keluarga nya yang pas-pasan. Sejak kecil beliau berjuang untuk bisa   membahagiakan dan membanggakan keluarganya, setelah SMA Iwan mencoba keberuntungannya, beliau lolos PMDK di IPB Jurusan Statistika. Dengan kerja keras beliau berhasil menyelesaikan TPB dengan IP 3,3. Setelah berjuang selama kuliahnya beliau berhasil lulus sebagai lulusan terbaik fakultas MIPA dengan IPK 3,52. Karena rasa pantang menyerah yang sudah beliau tanamkan sejak kecil, keberuntungan pun berpihak kepadanya, diterima di perusahaan excecutive sekelas Nielsen Jakarta adalah hal luar biasa yang beliau rasakan. Dua tahun bekerja di Nielsen, Iwan pun berpindah kantor di          Danareksa Research Institute kemudian beliau direkomendasikan oleh senior di tempat     kerjanya untuk bertugas di kantor Nielsen Consumer Research, New York. Ini adalah impian dan cita-cita dari seorang anak sopir yang memiliki keyakinan serta ketekunan luar biasa.

Menurut pendapat saya, novel ini sangat inspiratif dan sangat memotivasi. Mengajarkan tentang ketekunan, keyakinan dan impian yang sangat nyata apabila kita mampu  meyakininya. Selain hal tersebut tentu pendidikan lah yang menjadi modal kita untuk melangkah menembus ketakutan, dan hal yang paling penting dari semuanya adalah cinta keluarga yang mampu membawa impian menjadi kenyataan.