Arus barang yang kian bebas pada era liberalisasi perdagangan menuntut konsumen lebih jeli dan teliti. Kalau mereka ceroboh memilih produk, tidak hanya kerugian materi yang harus diderita, tetapi keamanan dan keselamatan mereka juga yang terancam.

Tuntutan menjadi konsumen cerdas sangatlah penting. Bagaimana caranya untuk bisa menjadi konsumen cerdas? Pertama, teliti sebelum membeli. Konsumen tidak perlu takut untuk bertanya atau memperoleh informasi langsung dari pelaku usaha. Kedua, memperhatikan label, manual kartu garansi, dan kartu masa kadaluarsanya. Ketiga, pastikan produk sesuai dengan SNI. Keempat, beli sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Konsumen harus menjadi konsumen cerdas dalam menyikapi berbagai tawaran diskon yang menggiurkan dari pusat-pusat perbelanjaan. Kelima, tegakan hak dan kewajiban Anda selaku konsumen. Jika konsumen merasa produk yang dibeli tidak sesuai dan merugikan kepentingannya, konsumen bisa menempuh langkah advokasi.

Sumber : KOMPAS Kamis, 8 Maret 2012