BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. HASIL PENELITIAN

Penelitian tentang pengaruh promosi iklan  terhadap minat guna konsumen provider Indosat S1 fakultas ekonomi Universitas Gunadarma. Bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh promosi iklan maupun unsur baurannya terhadap minat guna provider Indosat S1 fakultas ekonomi Universitas Gunadarma. Oleh karena itu model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda karena model ini dapat memberikan penjelasan mengenai seberapa signifikan pengaruh variable terhadap variabel tak bebeasnya.

Secara ringkas dapat dilihat dalam tabel dibawah ini :

Signifikan Unsur-unsur Bauran Promosi

Terhadap Keputusan Minat Guna Provider Indosat

Unstandarized Coeficient Standardized Coeficient T Sig
Model B Standar eror Beta
1 constant 4834 3974 1216 226
X1 882 152 483 5782 000
X2 209 200 031 1048 297

Sumber: hasil pengolahan data berganda

Berdasarka data hasil regresi berganda dalam tabel diatas maka diperoleh persamaan hasil regresi sebagai berikut :

Y = 4,834 + 0.882X1 – 0,209X2+e

2. PEMBAHASAN

Uji Hipotesis

Dilakukan secara parsial, maka untuk membuktikan pengaruh masing-masing bauran promosi sebagai variabel bebas terhadap minat guna provider Indosat sebagai variabel tidak bebasnya dilakukan uji t, terliha dalam  pembahasan berikut :

  1. Pengaruh iklan (X-1) terhadap minat guna provider Indosat S1 fakultas ekonomi Universitas Gunadarma

Nilai t-hitung sebesar 5,782 dan signifikan t=0,000 lebih kecil dari lpha 0,05 bahkan alpha 0,001

Y = 8,0196 + 1,0463 X1

  1. Pengaruh hubungan masyarakat (X-2) terhadap minat guna provider Indosat S1 fakultas ekonomi Universitas Gunadarma

Nilai t-hitung sebessar 2,820 dan signifikan t=0,006 lebih kecil dari alpha 0,05

Y= 13,0215 + 0,6333×6