BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

3.1  Model penelitian

Model penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara sikap pada iklan (attitude toward an ad) dan kesadaran merek (brand awareness) terhadap sikap terhadap merek (brand attitude). Selanjutnya sikap terhadap merek diduga memiliki pengaruh bagi terciptanya minat beli ulang (repurchase intentions). Kesemua hubungan tersebut merupakan hubungan yang positif. Selanjutnya berdasarkan uraian dan penjelasan pada telaah pustaka tersebut, maka kerangka pikir teoritis pada penelitian ini adalah seperti pada Gambar 2.4 di bawah ini.

3.2 Data dan Variabel

Data yang digunakan penulis merupakan data primer dari responden terpilih di lokasi penelitian. Berdasarkan masalah yang diuraikan serta tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, maka data primer yang diperlukan adalah data tentang pengaruh iklan televisi terhadap minat guna operator Indosat di S1 Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

3.3 Cara Pengambilan Data

Provider Banyaknya Pengguna
Telkomsel 7
Esia 7
Indosat 12
XL 7
Three 3 7

3.4 Tahapan penelitian

Dalam tahapan penelitian penulis mengumpulkan data kemudian menganalisis data tersebut melalui analisis manual.

3.5 Sampel dan Populasi

Populasi yang dipilih adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma. Dari setiap kelas diambil sampel sebanyak 12 orang yang menggunakan provider Indosat, dengan akumulasi sampel sebanyak 120 orang.

3.6 Sumber Pengumpulan Data

a. Data Primer, berdasarkan data yang diuraikan maka data primer yang diperlukan adalah data tentang pengaruh iklan terhadap minat guna konsumen provider Indosat pada mahasiswa ekonomi Universitas Gunadarma.

b. Data Sekunder, berisi iformasi dan teori yang digunakan untuk mendukung penelitian yang dilakukan. Penulis mendapat data sekunder dari internet, buku, dan hasil karangan lainnya dari berbagai Universitas.