BAB I

PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

Di dalam dunia yang semakin modern dan aktivitas ekonomi yang semakin meningkat, melakukan pemasaran merupakan salah satu tujuan yang paling penting terhadap penjualan suatu produk. Berhasil atau tidaknya kehidupan suatu perusahaan tergantung dari hasil penjualan yang dilakukan perusahaan tersebut. Setiap usaha atau langkah yang dilakukan perusahaan adalah untuk memuaskan konsumen, perusahaan dituntut untuk melakukan strategi pemasaran yang tepat agar mempunyai suatu produk yang memiliki keunggulan dari pesaingnya dan juga perusahaan harus menyampaikan informasi tentang produk-produknya agar dapat menarik konsumen yang potensial sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan hasil penjualan perusahaan.

Salah satu kegiatan pemasaran yang cukup efektif dan efisien adalah promosi. Menurut Freddy Rangkuti (50:2009), promosi adalah kegiatan penjualan dan pemasaran dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk, jasa, dan ide dari perusahaan dengan cara mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oelh perusahaan.

Promosi merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena promosi dapat mempengaruhi secara langsung terhadap kelancaran maupun keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu kelancaran maupun keberhasilan suatu perusahaan sangat tergantung pada manajemen didalam membuat rencana kegiatan promosi yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan adanya promosi yang terencana, maka perusahaan dapat mendekati pembeli atau calon konsumen agar mau membeli produk yang mereka tawarkan. Disamping itu promosi erat kaitannya dengan kelangsungan hidup suatu perusahaan yang melakukannya.

            Promosi yang berhasil sebenernya tidak hanya mampu meningkatkan hasil penjualan semata-mata, akan tetapi dapat memberikan keuntungan-keuntungan lain seperti : nama perusahaan akan dikenal oleh masyarakat dan hasil produksinya dapat meningkatkan efisiensi penggunaan modal kerja, memperkecil piutang , dan lain-lain. Dan sebaliknya jika strategi promosinya tidak berhasil, maka  dapat menyebabkan kenaikan biaya per unit, keuntungan yang diperoleh dalam tiap unit menurun sehingga dengan sendirinya penghasilan perbulan pun ikut menurun.

Maka dari itu promosi memegang peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan terutama dalam mendapatkan keuntungan maksimal dengan biaya terkecil. Promosi merupakan kegiatan pokok yang dilakukan pengusaha untuk kelangsungan hidup perusahaan yang selanjutnya berkembang dan mencapai hasil penjualan yang diinginkan.

            Agar pelaksanaan promosi berjalan dengan baik, diperlukan suatu perencanaan dan pengorganisasian dengan benar, hail ini berkaitan erat dengan biaya promosi yang dikeluarkan terhadap hasil penjualan perusahaan, maka penulis bermaksud mengadakan penelitian mengenai : “PENGARUH PROMOSI IKLAN TERHADAP MINAT GUNA OPERATOR INDOSAT DI S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA”

1.2              Rumusan dan Batasan Masalah

Berdasarkan dengan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah :

  1. Apakah periklanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan produk simcard pada konsumen produk simcard Indosat.
  2. Apakah hubungan masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan produk simcard pada konsumen produk simcard Indosat.

1.3              Tujuan Penelitian

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui apakah periklanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan produk simcard pada konsumen produk simcard Indosat.
  2. Untuk mengetahui apakah hubungan masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan produk simcard pada konsumen produk simcard Indosat.

1.4              Jenis dan Sumber data

Data yang digunakan penulis merupakan data primer dari responden terpilih di lokasi penelitian. Berdasarkan masalah yang diuraikan serta tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, maka data primer yang diperlukan adalah data tentang pengaruh iklan televisi terhadap minat guna operator Indosat di S1 Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Sampel yang dipiliah adalah 50 orang dari kelas 3EA01 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma.