JUDUL           : PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK DI UKM IBU UMMI

TEMA             : PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK

PENULIS       : Gita Yuna Avisha

TAHUN          : 2011

1  Latar Belakang Masalah

 Usaha yang sedang berkembang cukup baik sekarang ini yaitu usaha kecil menengah atau sering kita sebut UKM. Tujuan didirikannya UKM ini adalah untuk menghasilkan, mempertahankan dan meningkatkan laba usaha yang diperoleh dari hasil suatu produksi. Salah satu contoh UKM adalah warung kelontong Ibu Ummi. Alasan-alasan untuk memilih warung kelontong yaitu produk yang beraneka ragam, bermacam-macam produk yang sehari-hari kita gunakan.

      Untuk mencapai tujuan UKM diperlukannya startegi pemasaran. Strategi pemasaran produk harus direncanakan serta matang karena strategi pemasaran yang tepat dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen dan memberikan perlindungan kepada perusahaan.

      Strategi merupakan faktor yang berpengaruh terhadap penjualan produk. Setiap perubahan strategi menentukan berapa besar perubahan tingkat penjualan produk tersebut. Strategi pemasaran yang kurang efektif akan mengakibatkan produk tidak dapat terjual di lingkungan sekitar.

2  Masalah

 Warung kelontong adalah sebuah Usaha kecil Menegah yang bergerak di bidang perdagangan. Yaitu UKM tersebut membeli barang yang kemudian dijual kembali. Tentu ada beberapa masalah yang dihadapi oleh UKM warung kelontong, antara lain :

  1. Bagaimanakah upaya yang dilakukan Warung Kelontong Ibu Ummi agar penentuan strategi pemasaran berpengaruh positif terhadap penjualan produk ?
  2. Bagaimanakah strategi pemasaran yang baik agar tetap menjaga kepuasan konsumen terhadap Warung Kelontong Ibu Ummi ?

3  Tujuan Penelitian

 Adapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui bagaimana cara menentukan strategi pemasaran agar penjualan produk meningkat.
  2. Untuk mengetahui strategi pemasaran agar tetap menjaga kepuasan konsumen.