Judul               : UPAYA STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PAKAIAN

Tema               : STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PAKAIAN

Sumber            : http://kerockan.blogspot.com

Tahun              :2011

A.    LATAR BELAKANG

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan; produk, nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan; pasar, pemasaran dan pemasar. Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah bagaimana membuat produknya tersedia. Sedangkan proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.

Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah :

>faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.

>faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya. Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan penjual (4 P) adalah tempat yang strategis (place), produk yang bermutu (product), harga yang kompetitif (price) dan promosi yang gencar (promotion). Sedangkan dari sudut pandang pelanggan (4 C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer needs and wants), biaya pelanggan (cost to the customer), kenyamanan (convenience) dan komunikasi (comunication).

B. MASALAH

Pakaian saat ini merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Jenis dan model pakaian saat ini sudah beraneka ragam. Banyak took-toko dan produsen yang memasarkan barangnya dengan berbagai strategi pemsaran agar menarik perhatian konsumen. Tentu ada beberapa masalah yang dihadapi oleh para produsen, antara lain :

1.      Bagaimanakah upaya strategi pemasaran yang baik untuk dilakukan para produsen ?

2.      Seberapa besar pengaruh strategi pemasaran yang diterapkan oleh produsen ?

C. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan peneitiannya adalah untuk mengetahui seberapa besar strategi pemasaran berpengaruh terhadap penjualan dan bagaimana strategi pemasaran yang sebaiknya dilakukan.